Senin, 13 September 2010

JENIS -JENIS TAMAN

Desain taman dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, antara lain :

A.  TAMAN PRIBADI
Taman Pribadi adalah taman yang didesain untuk kepentingan pribadi/perorangan. Biasanya lokasi pembuatan taman ini adalah rumah pribadi. Taman ini dapat dikelompokkan lagi menjadi taman halaman depan, taman halaman belakang, taman rooftop (atap rumah)



B.  TAMAN UMUM
Taman jenis ini biasanya mengambil lokasi di tempat-tempat umum, misalnya taman kota, taman perumahan/kompleks, taman kantor, dan lain sebagainya.

C.  TAMAN GAYA MINIMALIS
Sesuai dengan namanya, taman jenis ini dibuat sesimpel mungkin, dan menghindari detail-detail ornamen, namun dengan tidak mengurangi fungsi, keindahan dan keserasian desain.

D.  TAMAN GAYA TROPIS
Taman gaya tropis biasanya berisi tanaman-tanaman khas daerah tropis, seperti palem-paleman, tanaman yang berdaun hijau, rumput dan lain sebagainya.



E.  TAMAN GAYA JEPANG
Yang menonjol dari taman gaya jepang adalah ornamen-ornamen khas jepang, seperti pohon sakura, bambu-bambu hias, pondok-pondok, batu-batu alam dan kolam ikan koi.

F.  TAMAN GAYA EROPA
Desain taman gaya ini menampilkan ornamen dan tanaman khas daerah eropa, seperti bunga-bunga aneka warna, tanaman perdu, dan lain sebagainya.
 
G.  TAMAN GAYA BALI
Taman gaya bali mengambil inspirasi dari kebudayaan dan ciri khas masyarakat bali, misalnya dengan adanya gazebo, kolam, patung-patung, pintu gerbang, dan lain-lain.









H.  TAMAN VERTIKAL
Taman vertikal mengambil lokasi di dinding-dinding bangunan. Dengan pengaturan yang baik, akan di dapat desain dinding yang memberi efek sejuk, menyegarkan dan indah tentunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar